Bupati Sabar AS Buka LLAWNas 2023, Ribuan warga turut padati Halaman Equator

PASAMAN – Ribuan warga Bonjol dan masyarakat dari berbagai wilayah memadati halaman museum Tuanku Imam Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat guna menyaksikan Pembukaan Lomba Lintas Alam Wisata Nasional atau LLAWNas tahun 2023.

Beberapa atraksi kesenian ditampilkan dalam pembukaan lomba lintas alam wisata nasional 2023 di Taman Wisata Equator, Bonjol minggu malam (24/12/2023). Selama kegiatan tersebut diselenggarakan Ekspo dan Bazar Ekonomi kreatif dari UMKM.

Bupati Pasaman, Sabar AS dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pasaman komit untuk menjadikan Pasman daerah tujuan wisata baik lokal maupun nasional bahkan mancanegara.

Untuk mewujudkannya, butuh dukungan seluruh pihak dan lapisan masyarakat, dimana lomba lintas alam LLAWNas tahun 2023, merupakan salah satu bentuk dukungan dalam mewujudkan Pasaman sebagai tujuan wisata.

Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Lomba LLAWNas tahun 2023 tersebut.

Sabar AS dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan, bahwa lomba Lawnas tersebut merupakan salah satu ivent yang paling bergensi. Untuk itu perlu dijadikan kegiatan tahunan di setiap akhir tahun dan didaftarkan kedalam Karisma Event Nusantara atau KEN.

Sabar AS menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman terutama masyarakat Bonjol untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik, sehingga tamu-tamu akan memiliki kenangan yang baik di Pasaman.

Ia menyebutkan, dengan memajukan pariwisata, juga akan meningkatkan perekonoian masyarakat. Banyaknya potensi wisata Pasaman tinggal bagaimana bersama harus punya komitmen dalam mengeksekusinya agar semua potensi pariwisata yang ada bisa dikembangkan.

Ia mendorong pelaku UMKM dan ekraf memanfaatkan event tersebut untuk mempromosikan produk dan meningkatkan relasi serta transaksi, sehingga mampu meningkatkan pendapatan.

Ketua pelaksana LLAWNas 2023 Rusben Anwar dalam laporannya menyebutkan, LLAWNas yang diselenggarakan merupakan salah satu langkah untuk memperkenalkan seluruh kawasan wisata yang tersebar di wilayah Pasaman,

Untuk kegiatan lawnas yang diselenggarakan saat ini sedikitnya di ikuti oleh 50 tim yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat ditambah dengan sejumlah propinsi di Indonesia seperti Sulawesi, Kalimantan dan Pulau jawa.

Sementara untuk menyemarakkan kegiatan LLAWnas yang diselenggarakan dari tanggal 24 sampai 31 desember ini, juga dilaksanakan Ekspo dan bazar, dengan peserta dari UMKM daerah dan kabupaten kota di Sumatera Barat yang berjumlah sebanyak 60 peserta. Sepanjang kegiata lomba lintas alam wisata ini juga akan dimeriahkan oleh lebih kurang 10 group kesenian daerah.

Dalam kesempatan yang sama ketua LKAAM Pasaman Khairul Dt. Bagindo Kali mengaku sangat bangga dengan adanya lomba LLAWNas , karena akan lebih mudah untuk mewujudkan Pasaman sebagai tujuan wisata. (Relis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *