JCH Lansia dan Disabilitas Dapat Pelayanan Prioritas

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar, Mahyudin

Padang – Jamaah Calon haji (JCH) yang berangkat dari Embarkasi Haji Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ke tanah suci terutama yang dapat pelayanan khusus seperti lansia dan disabilitas, datanya segera diperoleh agar pelayanannya bisa dilaksanakan secara optimal.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar, Mahyudin mengatakan, data tersebut perlu segera diperoleh agar pelayanan dapat dilaksanakan secara maksimal. 

“Jamaah yang dapat pelayanan khusus sudah dapat datanya, supaya dapat memberikan layanan dengan baik,” sebut Mahyudin saat rapat terakhir persiapan pemberangkatan ibadah haji 1445 Hijriah¬† menyebutkan, Embarkasi Padang pada musim haji 2024, Senin, (6/5).¬†

Mahyudin mengatakan, Embarkasi Padang akan memberangkatkan sebanyak 6.592 calon haji. 

“Rinciannya sebanyak 4.806 orang asal Sumbar, dan 1.702 orang asal Bengkulu,” Kata Mahyudin. 

Ia mengatakan, Jamaah haji Embarkasi Padang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024 setelah sehari sebelumnya yaitu 11 Mei masuk asrama embarkasi Haji Padang. 

Sementara itu, rapat tersebut untuk mematangkan persiapan pemberangkatan JCH dari Embarkasi Haji Padang sekaligus untuk memastikan kesiapan layanan. Kemudian meminimalisir kendala yang mungkin terjadi.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan simulasi layanan one stop service pemberangkatan haji yang tahun ini mengusung slogan haji ramah lansia.

Rapat diikuti pihak terkait di antaranya imigrasi, balai karantina kesehatan, angkasa pura II Bandara Internasional Minangkabau, dan maskapai Garuda Indonesia. Dalam simulasi, dua jamaah berkursi roda yang diantar petugas mendapat layanan tanpa mengantri karena masuk dalam prioritas. (Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *