Ketua DPRD Sumbar Supardi Prihatin Masih Ada Stunting di Nagari Sialang

Limapuluhkota – Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi prihatin masih terdapat anak Stunting di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Supardi mengetahui bahwa ada anak anak di nagai tersebut mengalami gangguan pertumbuhan anak atau Stunting saat melakukan reses perorangan di Pasar Nagari Sialang, Kamis (25/1/2024).

Anak Stunting di nagari tersebut tersebut jumlahnya 59 orang. Stunting adalah anak yang mengalami gangguan pertumbuhan akibat kekurangan gizi dalam waktu lama sehingga tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya.

Ketua DPRD Sumbar meminta Walinagari Sialang segera membuat proposal terkait pembangunan jamban sehat, agar dapat dibahas dalam Anggaran Belanja Tambahan tahun 2024

Supardi mengatakan, dari laporan Kepala Puskesmas Nagari Sialang, terdapat separoh penduduk setempat tidak memiliki jamban sehat, padahal sangat penting untuk mengantisipasi kehidupan yang kurang sehat.

“Kita akan proses pengadaan jamban sehat bagi masyarakat kurang mampu nagari Sialang inj baik melalui APBD perubahan maupun CSR Bank Nagari cabang Kabupaten Limapuluh kota,” ujar Supardi.

Supardi juga menyinggung saat reses di Nagari Durian Tinggi Kapur IX. Infrastruktur jalan menuju Nagari Silalang sudah tidak memadai, kondisinya berlobang. Ia menunggu usulan proposal pembangunan infrastruktur jalan menuju Nagari Sialang agar bisa dibahas dengan Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar.

“Termasuk juga terhadap ruang bangun sekolah SMK di nagari Durian Tinggi yang masih minim fasilitas pendukung lainnya. Minimal di dua nagari sudah ada SMA dan SMK untuk pendidikan anak-anak kita,” ujarnya bersemangat.

Supardi menjelaskan, aspirasi masyarakat merupakan kewenangan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota agar walinagari menyampaikan kepada Bupati dan OPD terkait agar semua persoalan pembangunan tersebut dapat tertangani dengan cepat.

Sementara itu, Kepala Pukesmas Nagari Sialang Kapur IX kabupaten Limapuluh Kota dr. Rara dalam kesempatan tersebut menyampaikan jumlah anak stunting di Nagari Sialang sebanyak 50 orang.

“Angka 59 anak stunting ini jumlah yang cukup besar, perlu diantisipasi lebih awal. Dan kondisi anak stunting ini disebabkan 50 % kondisi jamban tak sehat masyarakat nagari Sialang. Perlu dimanfaatkan dukungan pembangunan jamban sehat bagi masyarakat kurang mampu,” pintanya.

Acara reses Ketua DPRD Sumbar di Pasar Sialang Kapur IX ini diakhiri dengan hiburan musik berhadiah permainan KIM, yang dihadiri lebih kurang 500 orang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *