Leonardy Ucapkan Selamat HPN, Teruslah Menyuarakan Kepentingan Rakyat

Dalam menyambut Hari Pers Nasional ke 78, Ketua Badan Kehormatan DPD RI H. Leonardy Harmainy, Dt. Bandaro Basa, S. IP, MH, mengatakan di tengah derasnya arus informasi melalui berbagai platform cetak, media digital dan media sosial, peran media sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama (mainstream) harus mengambil berperan menyajikan informasi yang terkonfirmasi, berimbang serta lebih utamanya lagi menyuarakan harapan bagi masyarakat.

“Insan media mainstream (media arus utama) sangat dibutuhkan untuk menjadi penyeimbang informasi. Keberadaannya sangat penting dalam melawan berita hoax yang membanjiri berbagai platform media,” ujar Leonardy Harmainy.

Leonardy Harmainy mengharapkan media berani menyingkap fakta di balik suatu peristiwa. Masyarakat butuh kebenaran akan suatu peristiwa. Makanya jadilah pejuang-pejuang kebenaran dan berani menyampaikan aspirasi rakyat.

“Media mainstream diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran dan membangun optimisme. Optimisme Masyarakat sangat diharapkan untuk mencapai Indonesia emas 2045,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Leonardy juga meminta semua pihak, baik lembaga pemerintah pusat dan daerah, badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan swasta, hingga lembaga swadaya masyarakat untuk mendukung keberadaan media mainstream. Ditegaskannya, media massa tidak dapat berjalan sendiri, butuh dukungan, sinergi dan kolaborasi dari semua pihak.

“Agar eksis berkelanjutan, media arus utama diharapkan terus melakukan inovasi-inovasi, harus adaptif terhadap teknologi. Lakukan langkah-langkah strategis. Namun, tentu media massa tidak boleh dibiarkan berjalan sendiri. Kita, pemerintah dan semua pemangku kepentingan hendaknya memberikan dukungan,” jelas pria yang diakui ketokohan dan kepemimpinannya di lembaga DPD RI.

Memasuki tahun politik, Leonardy Harmainy juga berpesan agar media massa dapat tetap berpegang teguh pada idealisme, objektif, serta tidak tergelincir dalam polarisasi. Menurutnya lagi media harus mendorong pelaksanaan pemilu 2024 supaya berjalan jujur dan adil, serta meneguhkan persatuan Indonesia.

“Media massa harus tetap menjadi pilar demokrasi yang keempat dan menjadi referensi utama bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi. Selamat meperingati Hari Pers Nasional,” ujar pria yang kembali mencalon sebagai Anggota DPD RI Periode 2024-2029 dengan nomor urut 9. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *