Longsor Kembali Terjadi di KM 168 Batas Payakumbuh-batas Riau

Padang -Akses lalulintas Sumatera Barat (Sumbar) -Riau sempat terganggu, karena terjadi longsor di kilometer 168 di ruas jalan batas Payakumbuh-batas Riau, akibat hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat (Sumbar), Thabrani mengatakan, longsor terjadi 17 Januari 2024, sekitar pukul 10:00 WIB.

“Saat itu turun hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota yang mengakibatkan terjadi lagi longsoran. Material longsor dan pohon tumbang sempat menutupi badan jalan,” kata Thabrani (17/1).

Akibat longsor, akses lalu lintas di kawasan Manggilang-Lubuk Jantan, Kecamatan Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota sempat terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPJN Sumbar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota dan Lantas Polres Limapuluh Kota bahu membahu membersihkan material longsoran yang menutup jalan tersebut.

“Tim Reaksi Cepat BPJN Sumbar langsung terjun ke lokasi setelah mendapatkan informasi terjadi longsor. Longsoran mencapai 1 meter dan hampir menutupi semua badan jalan,” sebut Thabrani.

Berkat kerja sama Tim Reaksi Cepat BPJN Sumbar dengan BPBD dan Polres Limapuluh Kota beserta relawan, material longsor selesai dibersihkan pukul 14.00 wib.

“Saat itu juga lalu lintas normal kembali,” Thabrani menjelaskan.

Ia menghimbau bagi pengendara yang melintasi jalan tersebut agar berhati-hati karena curah hujan juga masih sangat tinggi, longsoran susulan berpotensi dapat terjadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *