Masa Depan Generasi Penerus, Masa Depan Negeri

Ir. H. Surya Tri Harto, MT., MBA gelar Dt. Rangkayo Mulie Nan Di Apa saat menjadi narasumber di program Radio Talkshow Padang FM, bersama Pemimpin Redaksi Padang FM, Jadwal Djalal

Perhatian konkrit pada milenial dan Generasi Z atau Gen-Z serta kemampuan merangkul dan  memberikan jawaban tuntutan sosial ekonomi menjadi salah satu kiat dalam membentuk pribadi yg mandiri bagi generasi penerus bangsa. 

Metode ini menjadi bagian dari cara menumbuhkembangkan berbagai pengetahuan yg tentunya tidak terlepas dari alur kemajuan zaman yg bermuatan  teknologi. Keluaran dari metode ini adalah para anak muda mampu menciptakan karya inovatif. Sehingga dapat bersaing menantang tuntutan zaman yg kompetitif dalam pergulatan sosial ekonomi, guna mencapai kesejahteraan dan terhindar dari pengangguran dan kemiskinan baru . 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ir H. Surya Tri Harto, MT., MBA ketika hadir pada hari Senin (8/4/2024) di Program Radio Talk Show di Padang FM. Teknokrat asal Koto Laweh X Koto Tanah Datar ini menaruh perhatian akan tantangan masa depan dari tunas bangsa dengan segala kompleksitas kehidupan kedepan. 

“Saya lebih menaruh perhatian pada kaum Milenial karna di era merekalah kelaknya baik atau tidaknya tatanan keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara ini”, ujar Surya Tri Harto. 

Surya Tri Harto berdiskusi setelah sesi Radio Talkshow bersama Jadwal Djalal

Salah satu direksi Pertamina yg dipercaya di Pertamina international shipping ini tidak sepakat bila Gen-Z disebut sebagai kaum yang banyak bermain dan pemalas. Surya justru melihat hal tersebut dikarenakan kurang mendapatkan perhatian yang difokuskan pada masa depan generasi penerus itu.

“Jawabnya ada pada pemimpin yg harus memberikan sentuhan extra”, ujar Surya.

Pada perbincangan  hangat dinamis Radio Talk Show Padang FM itu sempat menyinggung tentang kesiapan dan kesediaan Surya sebagai salah satu bursa bakal calon pemimpin Sumbar.

“Qadarullah, yang pasti popularitas dan materialitas  masanya sudah berlalu bagi saya”, ujar Surya sembari bercanda.

Menurutnya, berbuat dan berkontribusi untuk kampung halaman memang sangat perlu dilakukan. Baik melalui jalur industri, maupun pemerintahan. Namun, semuanya tentu bisa mengalir melalui jalannya masing-masing. Hal tersebut tentu cukup beralasan karena pengalaman dan disiplin ilmu yg selama ini di dapati kiranya sebagai bagian dari keterpanggilan diri untuk berbuat .

Pada akhir dari perbincangan tersebut pria dari lereng merapi Singgalang itu kembali mengungkapkan perlunya mengiringi Milenial dan Gen-Z ke arah yg lebih baik pula. Agar jalan menuju masa depan yg lebih baik dapat terbuka berbagai aspek sosial.

Ketika disinggung tentang Milenial, Gen-Z dan budaya, dengan tegas Surya mengatakan bawah generasi dan budaya akan tumbuh saling berhubungan tanpa ada yg tergerus.

“Budaya adat istiadat itu tidak akan lekang karena panas dan tak akan lapuk karena Hujan. Budaya adat istiadat akan hidup di semua generasi”, ungkap Surya Tri Harto pria yg bergelar adat Dt Rangkayo Mulie itu.

(Jadwal Jalal Padang FM/Gal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *