Ombudsman Sumbar Temukan Mal Administrasi dalam Pelayanan Publik di Sumbar

Padang – Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) masih menemukan dugaan mal administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Sumbar.

Kepala ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat, Yefri Heriani mengatakan, laporan dugaan mal administrasi terbanyak, tidak memberikan layanan, terdapat 72 laporan.

“Laporan masyarakat yang masuk, lima terbanyak yang dilaporkan adalah tidak memberikan layanan, menempati peringkat tertinggi yaitu terdapat 72 laporan,” ujar Yefri Heriani pada acara penganugerahan predikat kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 di Auditorium Gubernur, Kota Padang, Senin (8/1).

Yefri dihadapan Gubernur Sumatera Barat, bupati dan walikota se Sumbar beserta unsur Forkopimda menyebutkan, upaya memperbaiki pelayanan publik di Sumbar dinilai masih panjang, karena hingga saat ini Ombudsman RI Perwakilan Sumbar masih menemukan mal administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Integritas dalam melakukan pelayanan publik menjadi bagian penting dan hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah berikutnya.

Hasil catatan tahunan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, menunjukkan bahwa mal administrasi yang diawasi Ombudsman, tidak jauh beda dari tahun tahun sebelumnya.

Yefri melanjutkan, lima terbanyak yang dilaporkan masyarakat, selain tidak memberikan layanan, menempati peringkat tertinggi, berikutnya, penyimpangan prosedur terdapat 71 laporan.

Selanjutnya, penundaan berlarut terdapat 54 laporan dan permintaan imbalan/pungli terdapat 8 laporan serta tidak patut terdapat 2 laporan.

Adapun kategori penilaian yang dilakukan Ombudsman kata Yefri terhadap penyelenggaraan pelayanan publik, kualitas tertinggi atau hijau kategori A dengan nilai antara 88-100.

Kemudian, kualitas tinggi atau hijau kategori lB dengan nilai antara 78-87,99. Selanjutnya, kualitas sedang atau kuning yaitu kategori C dengan nilai 54-89. Berikutnya, kualitas rendah dan terendah atau merah yaitu kategori D dan E dengan nilai antara 32-53,99. (Musthofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *