Perguruan Silat Sin Lam Ba Sumbar dikukuhkan, Fauzi Bahar janji benahi Sin Lam Ba

Padang-Kepengurusan Daerah Perguruan Silat Sin Lam Ba Sumatera Barat (Sumbar) periode 2024-2027 dikukuhkan. Pengukuhan pengurus yang diketuai Fauzi Bahar dilakukan oleh Sekjen DPP Sin Lam Ba, Iswadi di gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam (LKAAM) Sumbar, Minggu 14 Januari 2024.

Ketua Perguruan Silat Sin Lam Ba Sumbar, Fauzi Bahar berupaya membenahi dan memajukan perguruan silat yang menyandarkan kepada gerak dan tenaga dalam ini di Sumbar ke depan.

“Hari ini Sin Lan Ba memberikan penghargaan besar kepada saya, dan saya berjanji akan membenahinya ke depan,” kata Fauzi Bahar dalam arahannya usai dikukuhkan, Minggu (14/1).

Upaya pembenahan baik segi sarana dan prasarana maupun sikap dan prestasi sehingga tidak hanya berprestasi pada ajang perlombaan, juga sikap dan SDM nya berprestasi.

Menurut walikota Padang dua periode 2004-2014, Perguruan Silat Sin Lam Ba memiliki nilai plus, yaitu selain seni tradisional juga nilai sosial tinggi.

Dari nilai plus tersebut, Fauzi Bahar yakin, apabila perguruan silat ini dikembangkan di dunia pendidikan baik ditingkat SD, SLTP dan SLTA, kenakalan remaja akan berkurang.

“Saya yakin, yang namanya kenakan remaja seperti tawuran dan penyalahgunaan narkoba akan berkurang, karena mereka sudah sibuk dengan kegiatan Silat. Apalagi di perguruan silat ini, masalah sikap dan kepribadian sangat diperhatikan,” ujar Fauzi Bahar.

Sementara itu, Wakil Ketua Perguruan Silat Sin Lam Ba Sumbar, Dedi Ronal optimis dibawa kepemimpinan Fauzi Bahar, Perguruan Silat Sin Lam Ba akan maju, setelah beberapa tahun terakhir Sin Lam Ba di Sumbar jalan ditempat.

“Pak Fauzi Bahar sendiri dasarnya dari perguruan silat sin lam Ba. Orangnya disiplin. Kita perlu seorang pemimpin yang disiplin, tegas dan jelas. Rekam jejaknya jelas. Itu yang sangat kita butuhkan. Sin Lam Ba harus bangkit kembali,” kata Dedi Ronal.

Pengukuhan Kepengurusan Daerah Perguruan Silat Sin Lam Ba Sumbar periode 2024-2027 dihadiri perwakilan dari sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar. (Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *