Sekwan Raflis Bangga SMAN 3 Painan sebagai Badan Publik Informatif

Painan -Sekretaris DPRD Sumatera Barat (Sumbar) H. Raflis ,SH.MM mengaku bangga dan senang SMA Negeri 3 Painan termasuk Badan Publik Informatif. 

“Ini motivasi luar biasa dalam mengembangkan segala potensi sekolah dan peserta didik meningkatkan wawasan dan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik,” sebut Raflis disela-sela acara pengukuhan Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP) SMA N 3 Painan, Senin (6/5/2024). 

Ia menambahkan keberhasilan sebagai badan publik yang informatif merupakan sebuah energi untuk memberikan layanan kinerja semakin baik dalam penyelenggaraan pendidikan tentunya di sekolah ini. 

“Semoga kedepan SMAN 3 Painan pengelolaan penyelenggaraan informasi publiknya semakin maju dan meraih penghargaan yanv lebih tinggi dalam memajukan oendidikan di Sumatera Barat,” ujar Raflis bangga.

Raflis menyampaikan, beberapa tahun terakhir ini Sekretariat DPRD Sumbar sudah menjadi OPD terinformatif dan saat ini kita terus mengembangan pelayanan pengelolaan informasi publik sudah pada proses out came (dampak baik) yang diterima bukan pada tataran bisa seperti output standar umum KI saat ini. 

“Sekretariat DPRD Sumbar sudah lebih maju dalam pelayanan publik baik dari sarana dan prasarana maupun kesiapan sumber daya manusia. Ada 11 orang tenaga IT yang mengawanginya, ada kerjasama media dan pengelolaan media sosial, ada fasilitasi perpustakaan khuusu dan pocadi” katanya. 

Raflis juga menyampaikan, hasil survei indonesia indokator selama tahun 2023 ada penyebaran informasi kegiatan DPRD Sumbar nomor dua terbanyak setelah DPRD DKI Jakarta sebagai pusat pertumbuhan media terbesar di Indonesia. 

“Dalam data kunjungan orang ke DPRD Sumbar tahun 2023 telah mencapai lebih kuran 11 ribu orang. Hal ini dari berbagai aktifitas kedewanan, kunjungan siswa, pelajar, mahasiswa dan masyarakat baik, termasuk dalam menyampaikan aspirasi publik (demo). Namun hal positif lebih 80 persen banyak kunjungan kegiatan dari pada demo menyampaikan aspirasi,” ungkapnya. 

Kabag Persidangan Zardi Syahrir dalam kegiatan pengukuhan Duta Keterbukaan Informasi Publik di Aula SMAN 3 Painan juga menyampaikan, keterbukaan penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap integritas Badan Publik. 

“Kita bangga dan senang adanya duta KIP SMA N 3 Painan, sebagai aktifitas badan publik penyelenggaraan sekolah dapat berjalan dengan baik dan bersih. Dan pengelolaan informasi keterbukaan publik menjaga integritas sekolah dan menumbuhkan kecintaan tanah air dan kebanggaan akan  sekolah,” katanya. 

Acara pengukuhan Duta KIP SMA N 3 Painan ini dihadiri oleh Komisioner KI Sumbar, Dinas Kominfo Pessel, Kepala Sekolah, majelis guru dan 50 siswa Duta KIP SMAN 3 Painan. (Rel/Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *