UNP Siap Terima Mahasiswa Jalur Prestasi dan Ujian Tulis

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D bersama jajarannya dalam jumpa pers berkaitan SNPMB dan UTBK, Jum’at (5/4/2024)

Padang – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT).

Untuk jalur prestasi, UNP sudah melakukan seleksi di tahun 2024 dari 27.787 calon mahasiswa dan menerima sebanyak 3.508 mahasiswa jalur prestasi. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 21.200 calon mahasiswa. 

Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ke Pusat UTBK UNP ini juga lebih banyak dari yang mendaftar ke Pusat UTBK Unand yang tahun ini berjumlah 9.997 pendaftar dan Pusat UTBK ISI Padang Panjang sebanyak 3.842 pendaftar.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, dalam acara Jumpa Pers yang dilaksanakan pada hari Jum’at (5/4/2024) di Ruang Sidang Rektorat Universitas Negeri Padang. Pada kegiatan ini Ganefri menjelaskan bahwa para mahasiswa yang diterima melalui jalur prestasi ini tidak dapat lagi mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lagi, baik melalui jalur ujian tulis maupun mandiri.

“Untuk jalur ujian tulis, kita nanti akan menerima sebanyak 4.747 mahasiswa,” jelas Ganefri.

Dilanjutkannya, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur SNBT melalui Pusat UTBK UNP sebanyak 21.543 orang. Ditambah dengan 53 calon mahasiswa yang mendaftar melalui Pusat UTBK UNP yang berada di Mentawai. 

“Pendaftaran melalui jalur UTBK ini baru saja ditutup tadi (red:5 April 2024) jam 15.00 WIB,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa UNP juga menyediakan Pusat UTBK khusus untuk tuna netra yang pada periode ini berjumlah 51 orang. Peserta tuna netra ini nantinya akan dilaksanakan pada sesi ke-3.

Untuk ujian dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dari tanggal 30 April – 7 Mei 2024. Kemudian gelombang kedua dilaksanakan dari tanggal 14 – 20 Mei 2024. Hasil UTBK ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt mengimbau kepada peserta UTBK untuk dapat mengunjungi lokasi ujian pada H-1 ujian. Hal ini agar peserta mengetahui lokasi secara pasti untuk mencegah keterlambatan.

“Kami juga mengimbau pada hari pelaksanaan, peserta ujian hadir paling lambat 30 menit sebelum waktu ujian dimulai. Agar saat waktu pengerjaan masuk, seluruh peserta sudah siap,” lanjutnya.

Universitas Negeri Padang menempati posisi ke-17 sebagai PTN Akademik dengan Pendaftar Terbanyak se-Indonesia. Saat ini, UNP sedang menjalankan rencana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan yang akan dibangun di Bukittinggi.

“Kita juga selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan UNP dan menjadikan UNP sebagai universitas berkelas dunia”, ungkap rektor. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *